Tim Reaksi Cepat (TRC) Lampung Selatan Gelar Rakor Antisipasi Potensi Bencana

0
Spread the love

T-Linku.id, Kalianda – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar Rapat Koordinasi Tim Reaksi Cepat (TRC) Kabupaten Lampung Selatan, yang berlangsung di Aula Krakatau, kantor bupati setempat, Senin (26/1/2024).

Rapat kordinasi yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan Thamrin itu, diikuti instansi/lembaga teknis/non teknis terkait, seperti OPD di lingkup Pemkab Lamsel, Kodim 421/LS, dan Polres Lampung Selatan beserta NGO.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lampung Selatan Ariswandi mengatakan, tujuan rapat koordinasi tersebut adalah untuk mengantisipasi berbagai potensi bencana yang dapat terjadi di Kabupaten Lampung Selatan dan meningkatkan kesiapsiagaan semua sektor terkait, terutama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Ada ada beberapa jenis potensi yang mengncam wilayah Lampung Selatan yang perlu diantisipasi dan meningkatkan kesiapsiagaan semua leading sektor terkait, terutama BPBD,”jelas Ariswandi.

Ariswandi menerangkan,beberapa jenis potensi yang mengancam wilayah Lampung Selatan dantaranya, tsunami, banjir, cuaca ekstrim, puting beliung, kekeringan, tanah longsor, kebakaran hutan dan lahan, letusan gunung api.

“Dan yang mulai muncul yakni cuaca ekstrim pada bulan Februari ini sehingga menimbulkan banjir, yang kemarin melanda di Natar,”tambahnya.

Semetara itu, Sekretaris Dearah Kabupaten Lampung Selatan Thamrin menerangkan, melalui rakor tersebut diharapkan, dapat dilakukan pemetaan risiko, penentuan langkah-langkah antisipasi, serta koordinasi dan kolaborasi antarinstansi untuk meningkatkan respons dan penanggulangan bencana secara efektif dan efisien.

“Oleh karena itu dengan adanya Tim TRC ini kita semua dapat melaksanakan langkah-langkah antisipasif maupun pelaksanaan penanggulan bencana di lapangan,”ucap Sekda. (Kf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *