Spread the love

T-Linku.id, Palas- Gelaran event Palas Fair 2024 di Alun-Alun Desa Palas Aji resmi ditutup oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung Selatan, Thamrin, S.Sos., M.M. pada, Jumat (19/1/2024).

Dalam sambutan Bupati Lampung Selatan, Sekda Thamrin mengungkapkan bahwa festival ini berjalan dengan sangat sukses dan juga kondusif. Hal ini terlihat dari antusias masyarakat untuk melangkahkan kakinya, guna menyaksikan malam puncak dan juga mengunjungi stand Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada.

“Pemerintah daerah sangat mengapresiasi kepada seluruh pemerintah desa serta Kecamatan Palas yang berhasil dalam menyelenggerakan pameran produk UMKM dan pembangun. Meskipun pameran ini telah berakhir, kita dapat saksikan bersama bagaimana antusias ribuan pengunjung yang memadati lapangan ini untuk menyaksikan bersama malam puncak penutupan Palas Fair dan juga mengunjungi stand UMKM ini. Sehingga dapat dikatakan acara ini berlangsung dengan sukses dan kondusif.” ungkap Thamrin.

Sekda Thamrin saat menyampaikan sambutan Bupati Lampung Selatan pada Malam Penutupan Palas Fair 2024

Selanjutnya, Thamrin juga menuturkan, jika dari banyaknya pelaku usaha yang mengikuti Bazar UMKM dan gairah masyarakat yang juga turut andil untuk meramaikan, menunjukkan capaian keberhasilan pemerintah daerah dan pemerintah setempat dalam melakukan pembinaan UMKM selama ini, sekaligus menjadi gambaran perkembangan dan keberhasilan pembangunan ekonomi.

“Kita bisa melihat di hadapan kita, bagaimana ketertarikan pelaku usaha untuk mengikuti pameran ini, dan juga daya tarik masyarakat untuk menyaksikan secara langsung festival yang ada, menjadi bukti bahwa pemerintah telah berhasil melakukan pembinaan UMKM. Dan ini juga menjadi bukti akan adanya perkembangan dan keberhasilan pembangunan ekonomi di Kecamatan Palas.” tuturnya.

Dari buah keberhasilan ini, Sekda Thamrin berharap bagi para Stakeholder dan seluruh elemen masyarakat untuk senantiasa bersinergi, bekerja sama, dan terus berupaya dalam meningkatkan akselerasi keberhasilan pembangunan melalui karya dan inovasi-inovasi yang dapat mendukung tumbuhnya perekonomian masyarakat.

Camat Rosalina saat menyampaikan laporan pelaksaan Palas Fair 2024

“Kesuksesan ini tentunya berkat kerja keras kita semua. Sinergitas serta dukungan semua pihak dan partisipasi dari berbagai kalangan menjadi pemicu meningkatnya volume penjualan selama kegiatan ini berlangsung. Untuk itu, mari jaga sinergi kita untuk melakukan percepatan terhadap bangkitnya perekonomian masyarakat dengan terus berkarya dan berinovasi melalui peluang dari potensi-potensi yang ada ,” harapnya.

Dalam Laporannya, Camat Palas, Ns Rosalina menyampaikan, dari terselenggaranya Palas Fair ini telah berhasil menunjukkan partisipasi 21 desa guna mempromosikan kegiatan UMKM, IKM, dan Pentas Seni Budaya yang kemudian ditunjukkan secara langsung dari rangkaian acara selama empat hari itu.

“Partisipasi 21 desa telah mampu menunjukkan keberhasilan kegiatan ini. Dimulai sejak awal pembukaan, kita menyaksikan gelaran UMKM dari tiap desa, kemudian terdapat pula parade tari nusantara, dilanjutkan malam pesona budaya di hari kedua, palas berselawat di hari ke tiga, dan akhirnya pada malam hari ini menjadi malam penutup yang juga masih bisa kita saksikan konsistensi keikutsertaan masyarakat untuk hadir di tengah-tengah kita.” paparnya.

Kemudian, dengan bangga Rosalina menyebutkan, jika perputaran uang yang terjadi selama Bazar telah mencapai angka Rp103.467.000. Hal ini memperlihatkan keberhasilan pemerintah setempat yang menginginkan terjadinya pergerakan ekonomi bagi pelaku UMKM.

Sekda Thamrin bersama dengan Camat Palas dan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lampung Selatan saat melepas balon sebagai simbol penutupan Palas Fair

“Dengan bangga kami ingin menyampaikan, jika selama masa gelaran Festival Bazar UMKM ini terlaksana, akumulasi pergerakan uang yang terjadi telah mencapai Rp103.467.000. Pergerakan pendapatan ini tentu berdampak bagi pelaku UMKM. Sehingga kami ingin terus konsisten dalam mengembangkan pembangunan ekonomi masyarakat Kecamatan Palas,” jelasnya.

Akhirnya, kegiatan yang telah diselenggerakan sejak Selasa (16/1) lalu, ditutup dengan penuh kebahagian bagi masyarakat dengan menghadirkan artis ibu kota, seperti Fey Bintang Pantura, serta Band Baswara dan penyani muda lainnya yang merupakan hasil binaan dari Dewan Kesenian Kecamatan Palas (DKK Palas).

Tidak hanya itu, Palas Fair ditutup dengan prosesi pelepasan balon yang langsung dilakukan oleh Sekda Thamrin, Camat Palas, dan juga jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Lampung Selatan. (Abd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *