Menyingkap Keindahan dan Daya Tarik Serta Asal Usul Danau Ranau

0
Spread the love

T-Linku.id, Lambar – Menyingkap Indahnya Danau Ranau, Daya Tarik hingga Fasilitas, Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua di Sumatra setelah Danau Toba? Saking besarnya, lokasi Danau Ranau sampai membentang dari perbatasan Provinsi Sumatra Selatan hingga Provinsi Lampung.

Tepatnya danau ranau berada diperbatasan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan dan Kabupaten Lampung Barat.

Asal-usul danau besar ini tercipta dari gempa besar dan letusan vulkanik gunung berapi, sehingga menghasilkan cekungan besar yang disebut kaldera.

Seperti yang kita ketahui bahwa Pulau Sumatra mempunyai sejarah aktivitas vulkanik yang dahsyat, salah satunya Danau Ranau ini yang terhitung luasnya mencapai 125,9 kilometer dengan titik terdalam 174 meter di bawah permukaan air.

Sungguh ini sngat menakjubkan, Pasti keindahan alam Danau Ranau tidak kalah dengan Danau Toba yang begitu eksotis!

Daya Tarik Wisata Danau Ranau

Memang benar, Danau Ranau ini memiliki panorama hijau indah dengan dikelilingi oleh pegunungan bukit barisan yang terlihat seperti memagari danau biru yang luas membentang. Ditambah jika SohIB mengunjungi Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, kamu akan melihat pemandangan Gunung Seminung yang berdiri gagah setinggi 1.881 meter di atas permukaan laut. Tampak begitu mempesona!

Sama dengan Danau Ranau, Gunung Seminung juga terletak di perbatasan Provinsi Sumatra Selatan dan Provinsi Lampung. Tepatnya di Kecamatan Banding Agung, Ogan Komering Ulu Selatan dan Kecamatan Sukau, Lampung Barat.

Bagi SohIB yang ingin berkunjung ke Danau Ranau, jangan lupa menyempatkan diri menyebrang ke Pulau Marisa yang berada di tengah hamparan biru luas danau.

Selain itu, uniknya Danau Ranau terlihat dari beberapa tepian danau yang membentuk daratan landai seperti pantai dilengkapi dengan pasir putih dan deretan pohon kelapa.

Tiga tepian danau yang disebut pantai tersebut adalah Pantai Bidadari, Pantai Pelangi, dan Pantai Singkalan yang terletak di Provinsi Sumatra Selatan. Jadi kalau berlibur ke sini bisa one stop refreshing melihat panorama gunung, danau, dan bermain di pantai, deh!(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *