Langgar Undang-Undang (UU) Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Kalianda, Deportasi Pria Warga Negara Asing.

0
Spread the love

T-Linku.id, Kalianda – Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Kalianda, kembali mendeportasi seorang pria Warga Negara Asing (WNA) yang melakukan pelanggaran terhadap Undang-Undang (UU) Keimigrasian. 

WNA tersebut berinisial THA merupakan warga negara India, Dia dideportasi setelah sebelumnya tinggal di wilayah Kabupaten Lampung Timur (Lamtim). 

Kasubsi TI Inteldakim Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Kalianda, Haryo Sampurno mengatakan, pihaknya mendeportsi WNA pada Kamis (20/7/2023) melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta. 

“Dari Jakarta dengan penerbangan transit rute Kuala Lumpur Malaysia, kemudian dilanjutkan penerbangan menuju Bangalore India,” kata Haryo, Minggu (23/7/2023).

Dijelaskan Haryo, bahwa WNA tersebut dideportasi, karena melanggar aturan pada Pasal 78 Ayat 3 UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. 

“Ia pemegang izin tinggal yang telah berakhir masa berlakunya dan masih berada dalam Wilayah Indonesia lebih dari 60 hari dari batas waktu,” tambahnya. 

Karena pelanggaran tersebut, THA diperintahkan untuk meninggalkan wilayah Indonesia sesuai dengan pasal 75 angka 2 huruf (f) UU No 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian dengan diberikan Tindakan Pendeportasian.

“Pengawalan Pemberangkatan dilaksanakan oleh Kasubsi TI Inteldakim bersama 1 orang JFT pada subseksi TI Inteldakim,” pungkas Haryo. (Rls.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *