Ketua Umum DPD LASQI Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto Buka Pelatihan dan Pembinaan di Penengahan.

0
Spread the love

T-Linku.id, Penengahan- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) Kabupaten Lampung Selatan mengadakan pembinaan dan pelatihan untuk grup qasidah dan bintang vocalis potensial se-Kabupaten Lampung Selatan.

Kegiatan yang dipusatkan di Gedung Serba Guna (GSG) Kecamatan Penengahan, Selasa (25/7/2023), dihadiri Ketua Umum DPD LASQI Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto serta Staf Ahli Bupati Bidang Ekobang dan Kemasyarakatan Yespi Qori.

Ketua pelaksana kegiatan, A. Kholil menuturkan, acara pembinaan dan pelatihan tersebut diikuti 12 grup qosidah yang terdiri dari grup qasidah dewasa dan remaja dari 6 kecamatan.

Kholil juga menyampaikan, bahwa grup qasidah dari Kabupaten Lampung Selatan akan mengikuti festival tingkat Provinsi Lampung pada tanggal 8-10 Agustus 2023 mendatang.

“Kegiatan ini merupakan program kerja bidang pendidikan dan pengembangan DPD LASQI Lampung Selatan. Tujuannya untuk mengembangkan seni qasidah yang saat ini mulai tertinggal di era modernisasi,” kata mantan Kepala BMS Setdakab Lampung Selatan ini.

Pada kesempatan itu, Ketua Umum DPD LASQI Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah juga kecamatan yang telah mendukung hingga terlaksananya kegiatan tersebut.

“Pembinaan ini sangat penting untuk dilaksanakan. Karena dengan pembinaan dan sinergitas yang baik, serta dukungan program kerja, maka fungsi dan keberadaan organisasi LASQI dapat terus maju dan berkembang,” kata Winarni dalam sambutannya.

Winarni menambahkan, dibutuhkan peran aktif dalam menjalankan program-program kerja lembaga yang dipimpinnya. “Tidak menutup kemungkinan ke depan LASQI Kabupaten Lampung Selatan akan lebih profesional dan sarat akan prestasi,” kata Winarni.

Sementara itu, mewakili Bupati Lampung Selatan, Yespi Qori memberikan apresiasi serta menyambut baik atas diselenggarakannya kegiatan pembinaan dan pelatihan tersebut.

“Saya berharap melalui pembinaan ini akan memberikan edukasi sekaligus motivasi terhadap masyarakat khususnya kaum muda yang mempunyai potensi serta minat dibidang musik islami,” kata Yespi Qori.

Lebih lanjut Yespi Qori menyampaikan, sebagai tempat bernaungnya penggiat seni budaya Islam dan sosial kemasyarakatan, keberadaan LASQI mempunyai peranan penting bagi pelestarian dan kemajuan musik qasidah di Indonesia ditengah arus globalisasi.

Sebab kata Yespi Qori, akan banyak tantangan untuk melestarian dan memajukan musik qasidah. Seperti derasnya arus globalisasi seiring dengan kemajuan teknologi dan komunikasi.

“Namun tantangan itu terkadang juga muncul dari masyarakat kita sendiri yang sudah mulai melupakan kesenian qosidah,” tutur Yespi Qori.

Oleh karena itu, Yespi Qori mengajak kepada pembina maupun pengurus grup qosidah agar menjadikan pembinaan tersebut sebagai bagian daripada upaya pengembangan nilai-nilai keagamaan masyarakat Lampung Selatan. Sekaligus juga memasyarakatkan nilai dan syiar agama Islam dalam upaya meningkatkan pemahaman, penghayatan ajaran Islam.

“Saya berharap dengan kegiatan pembinaan ini akan ada capaian prestasi bagi grup qosidah daerah kita.  Mudah-mudahan pembinaan grup qosidah hari ini, dapat  meningkatkan sinergitas sekaligus mendukung program dan strategi LASQI Lampung Selatan ke depannya,” tutup Yespi Qori mengakhiri sambutannya.

Dalam kegiatan itu, Ketua Umum DPD LASQI Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto juga menyerahkan alat seni qasidah kepada Grup Qasidah Remaja At Taqwa Kecamatan Penengahan yang telah berprestasi di tingkat Provinsi Lampung. (lmhr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *