Ketua PMI Lamsel Hj. Winarni Nanang Ermanto Bersama Pengurus Sambangi Kota Surakarta

0
Spread the love

T-Linku.id, Surakarta – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto bersama para pengurus kunjungi PMI Kota Surakarta dalam rangka Studi Tiru, Senin (31/07/2023).

Kegiatan Studi Tiru tersebut dilaksanakan di Markas PMI Kota Surakarta yang di hadiri langsung oleh Dewan Kehormatan, PLH Ketua PMI Kota Surakarta juga para pengurus.

Anggota Dewan Kehormatan PMI Kota Surakarta Prof Dr. dr. Hartono, M.Si dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada jajaran Pengurus PMI Kabupaten Lampung Selatan yang telah menjadikan PMI wilayahnya sebagai tempat kaji tiru.

Dirinya mengatakan setiap ada kunjungan dari kabupaten kota lain menjadi ajang untuk bertukar ide dan belajar satu sama lain. Menurutnya, setiap masing-masing wilayah PMI pasti memiliki kelebihan dan kekurangan maaing masing.

“Biasanya setiap ada Kabupaten Kota yang datang ini kami jadikan untuk belajar satu sama lain karena setiap Kabupaten itu pasti ada kelebihan da kekurangannya masing-masing,” ujarnya.

Hartono menuturkan bahwa mungkin satu-satunya organisasi Palang Merah yang dalam pelaksanaan kegiatannya tidak memakai anggaran APBD dan tidak melakikan penggalangan dana, jadi benar-benar untuk sosial.

“Saat ini mungkin PMI Kota Surakarta ini satu-satunya yang tidak menggunakan APBD dan penggalangan dana, jadi benar-benar kerja untuk sosial,” kata Hartono.

Dirinya juga mengungkapkan dalam menyediakan stok darah PMI Kota Surakarta terbanyak nomor 3 setelah Provinsi Jakarta dan Surabaya.

“Untuk stok darah di PMI Kota Surakarta ini menempati urutan ke tiga terbanyak setelah Jakarta dan Surabaya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Lampung Selatan Winarni dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada PMI Kota Surakarta yang telah menerima pengurus dan jajarannya untuk melakukan Studi Banding.

“Kami PMI Lampung Selatan berterima kasih karena sudah diberikan kesempatan untuk belajar dan berbagi pengalaman di PMI Kota Surakarta ini,” ujar Winarni.

Pada kesempatan itu, Winarni mengungkapkan pada waktu yang lalu PMI Kabupaten Lampung Selatan menjadi Tuan Rumah penyelenggara JUMBARA PMR Nasional ke-9.

Winarni menyebut, hal tersebut menjadi motivasi bagi PMI Lampung Selatan untuk terus berkembang dan meningkatkan kinerja untuk selalu siap dalam tugas tugas kemanusiaan.

“Pada waktu yang lalu kami di Lampung Selatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan JUMBARA PMR Nasional ke 9, dari kegiatan itu kami belajar untuk lebih meningkatkan kerja untuk selalu siap dalam melaksanakan tugas tugas kemanusiaan,” ungkapnya.

Dirinya menuturkan, mengingat Lampung Selatan adalah salah satu Daerah yang rawan akan bencana, maka dari itu PMI selaku Organisasi kemanusiaan harus siap siaga dalam mengantisipasi terjadinya bencana.

“Lampung Selatan ini termasuk Daerah yang rawan akan bencana alam, maka dari itu sebagai Organisasi Kemanusiaan, PMI harus siap siaga dalam mengantisipasi terjadinya bencana,” tutur Winarni.

Selain itu juga dirinya menyampaikan salah satu Inovasi yang sedang dilakukan yaitu Swasembada Karbo, dimana inovasi tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan karbo masyarakat dalam menghadapi dampak perubahan iklim dan kebencanaan.

“Kami di Lampung Selatan punya Inovasi uang sedang dilakukan yaitu Swasembada Karbo yang dilakuakan untuk memenuhi kebutuhan karbo masyarakat dalam menghadapi dampak perubahan iklim dan kebencanaan,” ungkapnya.

Menurut Winarni Studi Tiru ini untuk memperluas pengetahuan dalam menjalankan tugas kemanusiaan dengan mengamati dan mempelajari praktik baik yang dilakukan PMI Kota Surakarta, serta memberikan insiprasi baru kepada PMI Lamoung Selatan dalam memberikan bantuan dan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Studi Tiru yang kami lakukan ini untuk memperluas pengetahuan dan wawasan kami serta memberikan inspirasi baru untuk bagaimana memberikan bantuan dan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan,” imbuhnya.

Diakhir sambutannya, Winarni menuturkan hasil dari studi tiru ke PMI Kota Surakarta ini akan di aplikasikan dan diterapkan dalam program program kerja yang ada di PMI Kabupaten Lampung Selatan.

“Apa yang kami dapat dari kaji tiru hari ini, akan kami terapkan dan kami aplikasikan pada program program kerja yang ada di PMI Lampung Selatan,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *