Ketua Bawaslu Lampung Selatan Wazaki.SH : Peran Media Sangat Penting Pada Pemilu 2024

0
Spread the love

T-Linku.id, Kalianda – Ketua Bawaslu Lampung selatan Wazaki.SH mengatakan peran serta media dalam Pemilu yang akan digelar tanggal 14 Februari 2024 mendatang sangat penting kenapa tidak, banyak hal temuan ataupun tindakan pelanggaran pemilu banyak didapat Bawaslu dari kawan kawan jurnalis. Hal itu dikatakan Ketua Bawaslu ini dalam acara media gathering yang digelar pada kamis(08/02) di salah satu cafe di Kalianda.

“Ada banyak temuan pelanggaran yang kami dapat berkat informasi dari kawan kawan jurnalis, atas dasar itulah kami mengadakan media gathering ini sekaligus saling tukar informasi dan kami mengajak kawan kawan jurnalis untuk dapat mengawasi pesta demokkrasi ini terus berada dijalurny,”tegasnya.

Ditambahkan Wazaki dirinya atas nama bawaslu Lampung Selatan mengucapkan terimakasih kepada kawan kawan jurnalis yang selama ini menjadi mitra dilapangan dalam mengawasi pemilu yang akan digelar beberapa waktu lagi.

“Tiga hari lagi menuju masa tenang tentunya kami berharap kepada kawan kawan agar dapat memberikan informasi kalau ada temuan temuan tentang adanya pelanggaran pemilu,”pungkasnya.

Sementara Ketua PWI Lampung Selatan Supradianto yang hadir sebagai narasumber mengatakan agar tercipta derajat kompetisi yang sehat, partisipatif, dan mempunyai derajat keterwakilan yang lebih tinggi, serta memiliki mekanisme pertanggungjawaban yang jelas.

“maka penyelenggaraan pemilihan umum harus dilaksanakan secara lebih berkualitas dari waktu ke waktu. Implementasi dari upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kualitas adalah membentuk dan melaksanakan fungsi pengawasan pemilu,”terangnya.

Penataan agenda sambungnya mengacu kepada kemampuan media massa untuk mengarahkan perhatian khalayak terhadap isu-isu tertentu yang diagendakan media massa..Media massa memiliki kekuatan untuk mempengaruhi agenda media kepada agenda publik. Kecenderungan jurnalisme menjadi alat propaganda terutama di musim kompetisi pemilihan umum hal ini karena terkonsentrasinya pemilikan media pada sekelompok elit kekuatan ekonomi, sejumlah konglomerat yang secara keamanan bisnis (business saaety) masih sangat tergantung pada kekuatan politik yang sedang atau akan berkuasa. Dalam Pemilu.

“media jurnalisme mesti menyajikan fakta-fakta dan informasi independen tentang peristiwa dan isu-isu yang akan jadi referensi bagi masyarakat dalam membuat keputusan.Tujuan paling penting bagi medaia massa adalah menyediakan informasi yang dibutuhkan warga. Untuk itu independensi media sangatlah penting.Independen dari otoritas politik, otoritas sosial atau bisnis, dan tidak ada bias personal,”pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *