Spread the love

T-Linku.id, Kalianda – Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto melaunching Gerakan Swasembada Lingkungan, yang berlangsung di Aula Rimau Bappeda Lampung Selatan, Jum’at (29/12/2023).

Hadir pada kesempatan itu, Sekretaris Daerah Lampung Selatan Thamrin, para Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala Perangkat Daerah, para Camat, Duta Swasembada Lingkungan Hj. Winarni Nanang Ermanto, Ketua DWP Yani Thamrin dan jajaran terkait lainnya.

Pada kesempatan itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lampung Selatan sekaligus sebagai Ketua pelaksana Yudhius Irza mengungkapkan, tujuan dari gerakan swasembada lingkungan ini adalah sebagai langkah awal dalam menjalankan gerakan pengelolaan lingkungan dan adaptasi dalam menghadapi perubahan iklim.

“Hal ini juga sejalan dengan amanat undang-undang, yang mana lingkungan hidup yang baik adalah hak semua warga negara Indonesia. Dalam gerakan swasembada lingkungan ini mengangkat tema menjaga bumi Lampung Selatan untuk kesejahteraan generasi masa depan melalui mitigasi, adaptasi perubahan iklim, sekarang juga,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menyampaikan, penting kiranya untuk memberikan perhatian khusus terhadap kondisi lingkungan saat ini. Dimana, akhir-akhir ini besarnya perubahan iklim berdampak terhadap kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

“Oleh karenanya, gerakan swasembada lingkungan ini harus menjadi gerakan kita bersama untuk menekan dampak negatif perubahan iklim dan bagaimana upaya konkrit kita dalam meminimalisir dampak bahaya di daerah kita,” kata Nanang.

Nanang mengatakan, dari semua permasalahan lingkungan yang ada, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan terus berupaya bagaimana dapat mengatasinya dengan bersama menyamakan persepsi dan melakukan langkah yang kongkrit dalam penanganan dampak perubahan Iklim di Kabupaten Lampung Selatan.

“Untuk itu diperlukan adanya sinergitas, kepedulian dan kesadaran kita bersama untuk bagaimana kita semua saling menjaga, bagaimana kelestarian dan kesehatan masyarakat jadi prioritas utama karena masalah lingkungan ini bukan hanya akan berdampak terhadap generasi saat ini saja, namun generasi mendatang akan menjadi pertaruhan apabila kita tidak bisa mengelola lingkungan dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

“Dalam kesempatan yang baik ini saya juga ingin berpesan kepada kita semua khususnya kepada para pengusaha yang ada di Lampung Selatan untuk tetap memperhatikan dan mempertimbangkan aspek lingkungan berkelanjutan sebagai bagian dari tujuan bisnis jangka menengah dan jangka panjang,” pesannya.

Dikesempatan yang sama, Duta Swasembada Lingkungan Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto menuturkan, launching gerakan swasembada lingkungan hari ini merupakan hal penting. Dimana, lauching ini menjadi momentum untuk menerapkan perilaku adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

“Namun dalam penyelenggaraannya diperlukan kesadaran bersama, pemerintah daerah dengan jajarannya dan masyarakat secara keseluruhan dari kabupaten sampai desa harus mengerti tentang pentingnya upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim untuk kehidupan kita,” tuturnya.

“Dalam kesempatan ini saya juga meminta, kepada kita semua untuk dapat bekerjasama, saling mendukung dan gotong royong dalam penyelenggaraan gerakan swasembada lingkungan ini, demi anak cucu kita kedepannya,” tandasnya. (Kf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *