Spread the love

T-Linku.id, Palas – Duta Swasembada Gizi Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto berikan arahan pada kegiatan Roadshow Proyek Cetak Generasi Unggul Lampung Selatan di Kecamatan Palas, Senin (25/09/2023).

Bertempat di Desa Bandan Hurip, Kecamatan Palas menjadi Kecamatan 4 dari rangkaian Roadshow yang akan dilaksanakan di 17 Kecamatan se Lampung Selatan.

Kepala Dinas Dalduk dan KB Rika Wati dalam melaporkan tujuan diadakannya Roadshow untuk  mengetahui capaian dan tantangan dalam penurunan stunting di lapangan juga Pendampingan,advokasi dan kampanye pembangunan Sumber Daya Manusia secara berkelanjutan.

” Roadshow ini dilaksanakan untuk mengetahui capaian dan tantangan dalam penurunan stunting di lapangan sekaligus pendampingan,advokasi dan kampanye pembangunan Sumber Daya Manusia secara berkelanjutan di Lampung Selatan “, imbuhnya

Dirinya juga menyampaikan kegiatan ini juga mewujudkan kader yang militan yang menjadi ujung tombak dalam penanganan penurunan stunting di Lampung Selatan.

” Kegiatan ini juga untuk mewujudkan kader yang militan yang menjadi ujung tombak dalam penanganan penurunan stunting di Lampung Selatan “, katanya

Rika juga mengatakan lewat kegiatan tersebut diharapkan saran dan usulan dari pelaksana kegiatan dilapangan bisa diwujudkan untuk generasi unggul di Lampung Selatan.

“Lewat kegiatan ini juga diharapkan saran dan usulan dari pelaksana kegiatan dilapangan bisa diwujudkan untuk generasi unggul di Lampung Selatan “, ungkap Rika

Kegiatan itu juga dihadiri oleh seluruh kader TPK Kecamatan, kader Kesling,Posyandu, KWT, para guru PAUD, SD, SMP juga kepala Sekolah serta Ibu hamil dan menyusui.

Camat Palas Rosalina melaporkan pada tahun 2023 ini Kecamatannya memiliki 2 Desa Lokus Stunting yaitu Desa Mekar Mulya dan Desa Tanjung Sari.

Dirinya menyampaikan sejak awal ditetapkan menjadi Lokus Stunting Palas memiliki 178 kasus dan pada bulan februari 2023 ini tersisa 90 kasus.

” Tahun 2023 ini Palas memiliki 2 Desa lokus Stunting yaitu Desa Mekar Mulya dan Desa Tanjung Sari dan saat ini Kecamatan Palas  tersisa 90 kasus Stunting yang awalnya ad 178 kasus “, kata Rosalina.

Kami memiliki Tim Pendamping Keluarga (TPK) sejumlah 49 orang juga Kader Pembangunan Manusia (KPM) 42 orang yang semuanya aktif, selain itu Kecamatannya bersinergi dengan UPT kecamatan dan juga sudah menerapkan GESERBU di kecamatan sampai ketingkat desa audah merata.

” Kecamatan Palas punya 49 orang TPK dan 42 orang KPM dani kami juga bersinergi dengan UPT kecamatan dan sudah menerapkan GESERBU di kecamatan sampai ketingkat desa sudah merata “, ungkapnya

Hadir pada kesempatan tersebut, Asisten Administrasi Umum Badurzzaman, Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan, UPT se Kecamatan Palas Mataram, Kepala Desa beserta Ketua TP PKK Desa se Kecamatan Palas, Ketua DWP Yani Thamrin.

Sementara itu, Winarni mengatakan Proyek Cetak Generasi Unggul Lampung Selatan ini adalah suatu Investasi jangka panjang yang akan dirasakan di masa mendatang.

Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Selatan itu mengungkapkan bahwa anak anak adalah Investasi yang harus disiapkan untuk menjadi pemimpin dan generasi penerus di masa depan.

” Proyek yang sedang dikerjakan ini adalah Investasi jangka panjang yang akan dirasakan di masa mendatang dan anak anak adalah Investasi yang harus disiapkan untuk menjadi pemimpin dan generasi penerus di masa depan “, ujarnya

Selain juga dirinya mengatakan kegiatan Roadshow itu juga menjadi ajang bagi para kader kader yang hadir untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

” Kegiatan ini juga sangat penting untuk dilaksanakan agar para kader ini bisa menambah wawasan dan pengetahuannya”, kata Winarni

Winarni juga mengungkapkan dengan adanya Proyek ini adalah wujud dukungan untuk Indoneasia ditahun 2045 menjadi salah satu negara maju di dunia dengan potensi sumber daya yang dimiliki, juga yang harus dimilki adalah sumber daya manusianya yang unggul.

” ini adalah wujud dukungan dari Daerah untuk Indonesia ditahun 2045 menjadi salah satu negara maju di dunia dengan potensi sumber daya alam kita pasti bisa dan juga yang harus dimilki adalah sumber daya manusianya yang unggul, inilah yang saat ini sedang kita lakukan “, ujar Winarni.

Dirinya menambahkan gerakan tersebut dilaksanakan secara bergotong royong dan kebersamaan sesuai dengan arahan Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto.

” Gerakan yang kita lakukan ini dilaksanakan dengan kebersamaan dan gotong royong sesuai dengan arahan yang selalu dikatakan pak Bupati kita Bapak Nanang Ermanto “, tambahnya

Dilaksanakan juga penyerahan sertifikat penghargaan dan bantuan oleh Ketua TPPS Lampung Selatan Winarni didampingi para pejabat yang hadir. (*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *