Elina dan Melisa Dua Kakak Beradik Pembuat Kipas Juju dan Kipas Mahligai

0

Elina dan Melisa saat membuat kipas Juju dan kipas Mahligai (29/08)

Spread the love

T-Linku.id, Penengahan – Dua sosok kakak beradik warga Desa Kuripan Kecamatan Penengahan  Kabupaten Lampung Selatan Elina (14) dan Melisa (12) yang masih muda belia tercatat sebagai siswi Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) penengahan ini mempunyai bakat menganyam Kipas jaju dan Kipas Mahligai.

Keseharian mereka membuat salahsatu tandamata khas Lampung ini membuat mereka sangat mahir dan paham walaupun didapat dari secara otodidak dengan melihat kipas yang sudah jadi dan belajar dari nenek mereka Maryam (76) juga memiliki keahlian dalam menganyam Kipas yang berbahan bambu apus tersebut.

” Kalau lagi musim hajatan (Nikahan red) kami terkadang kebanjiran pesanan dari berbagai Desa atau luar kota, pesanan mencapai  ratusan kipas karna memang kipas ini banyak di gunakan oleh masarakat Lampung,“ terangnya kepada media ini Rabu (30/08).

Dari hasil anyaman bambu tersebut imbuh Melisa, dalam sehari mereka bisa membuat sebanyak 10 buah. Lima kipas Juju dan lima kipas Mahligai itukan mereka kerjkan setelah pulang dari sekolah.

“ Harganya Lima ribu per kipas tapi tidak dengan gagangnya, kalau dengan gagangnya  Lima belas ribu. Tingkat kesulitan kipas mahligai yang bermotif tapis itu yang membuat harga keduanya sama,”pungkasnya.

Sementara orangtua kakak beradik ini Khozali (68) berharap kepada pihak pemerintah setempat agar dapat memberikan perhatian dan melestarikan kearipan lokal yang ada di Kabupaten  Lampung Selatan “ Saya berharap kepada pemerintah dan kepada semua masyarakat agar sama sama menjaga seni budaya serta kearipan lokal, kalau bukan kita siapa lagi,” harapnya. (Miser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *