Bupati Lamsel Nanang Ermanto Apresiasi Keberagaman Budaya dari Berbagai Daerah

0
Spread the love

T-Linku.id, Kalianda – Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto melakukan kunjungan ke perkemahan Kontingen dari berbagai Provinsi dalam acara Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) PMR ke-IX Tahun 2023.

Kedatangan Bupati Lampung Selatan sekitar pukul 20.00 WIB, pada Sabtu (8/7/2023), disambut dengan penuh antusiasme oleh peserta Jumbara.

Dalam kunjungannya, Nanang Ermanto didampingi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Thamrin dan Ketua PMI Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto.

Selama kunjungan, Nanang Ermanto mengunjungi tiap kontingen yang berpartisipasi dalam Jumbara ke-IX. Ia berinteraksi langsung dengan para peserta, mendengarkan cerita mereka tentang perjalanan mereka selama perkemahan.

Saat mengunjungi perkemahan kontingen, Nanang Ermanto juga menghadiri dan menyaksikan beberapa kegiatan yang diadakan oleh peserta Jumbara ke-IX. Salah satunya yaitu acara adat bakar batu yang diadakan oleh Kontingen Provinsi Papua.

Tradisi bakar batu ini merupakan salah satu tradisi penting di Papua Pegunungan yang berupa ritual memasak bersama warga satu kampung dengan tujuan untuk bersyukur dan  bersilaturahmi.

Dalam kesempatan itu, Nanang Ermanto memberikan apresiasi atas semangat dan dedikasi para peserta Jumbara ke-IX selama acara perkemahan yang berlangsung di Kabupaten Lampung Selatan.

Selain mempererat silaturahmi antar anggota organisasi, menurut Nanang, kegiatan ini juga menujukkan keindahan serta keberagaman adat dan budaya yang dimiliki oleh Indonesia.

“Ini adalah bentuk keberagaman adat dan budaya yang dimiliki oleh Indonesia. Saat tadi saya mengunjungi perkemahan Kontingen Provinsi Papua, saya menyaksikan secara langsung tradisi bakar batu yang merupakan tradisi penting dari daerah tersebut,” ujar Nanang.

Melalui kegiatan Jumbara ke-IX ini, Nanang berharap, dapat terbentuk generasi bangsa Indonesia yang berkarakter serta memiliki jiwa sosial dan kemanusiaan yang tinggi. Disisi lain, juga tetap menjaga tradisi dan kebudayaan khas dari daerah masing-masing.

“Saya harap, Jumbara ini merupakan wadah yang sangat tepat untuk membentuk anak-anak kita menjadi sosok yang berkarakter kuat, berbudaya dan berdaya saing tinggi,” pungkas Nanang. (Kf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *