Bimtek Komoditas Sayuran dan Tanaman Obat Strategis di Sidomulyo Dibuka Ketua Komisi IV DPR RI

0
Spread the love

T-Linku.id, Sidomulyo – Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Sudin membuka acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Komoditas Sayuran dan Tanaman Obat Strategis.

Kegiatan Bimtek yang digelar di Desa Campang Tiga, Kecamatan Sidomulyo, Rabu (28/6/2023), turut dihadiri Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto.

Dalam sambutannya, Sudin menjelaskan tentang pentingnya peran tanaman holtikultura seperti sayuran dan buah-buahan dalam sektor kesehatan manusia. Salah satunya, yaitu dalam mendukung pemenuhan gizi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Oleh karena itu, Sudin meminta kepada masyarakat di Kabupaten Lampung Selatan untuk memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam sayur mayur dan pohon buah-buahan. 

“Yang penting itu kesehatan. Jadi bapak ibu kalau punya halaman rumah, saya mau di tanam cabai, buah-buahan. Silahkan nanti hubungi pak Jack atau pak Bibit untuk mendapatkan bantuan benihnya,” kata Sudin. 

Sementara itu, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengatakan, pemanfaatan pekarangan rumah dengan menanam sayur dan buah sangat penting untuk menyangga ketahanan pangan keluarga. 

Hal itu juga sering digaungkan oleh Nanang Ermanto ketika melakukan kunjungan ke kecamatan dan desa. Bahkan, Nanang juga memberikan contoh pemanfaatan pekarangan rumah dengan membangun Kebun Edukasi di Rumah Dinas Bupati Lampung Selatan. 

“Ini (Bimtek) sangat luar biasa, untuk menambah ilmu pengetahuan kita. Pembelajaran dibidang pertanian, yang mana saya sering katakan, ketika saya turun ke kecamatan dan desa untuk memanfaatkan pekarangan di sekitar kita,” ujar Nanang.

Nanang juga berpesan kepada seluruh peserta Bimtek yang hadir untuk mengikuti kegiatan tersebut dengan sebaik mungkin. Sehingga nantinya ilmu yang didapatkan bisa di aplikasikan dalam dunia pertanian. 

“Saya pesan manfaatkan waktu yang baik ini, sebaik-baiknya untuk menambah ilmu pengetahuan kita dibidang pertanian. Mudah-mudahan dengan adanya Bimtek ini, kita sama-sama belajar untuk meningkatkan komoditas pangan kita,” kata Nanang.(Kf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *