40 Peserta Ikut Seleksi Beasiswa Universitas Al-Azhar Kairo Mesir Digelar Pemkot Metro

0
Spread the love

T-Linku.id, Metro – Pemerintah Kota Metro menggelar tes tertulis dan tes lisan bagi 40 peserta seleksi beasiswa Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir, berlangsung di MAN 1 Metro, Sabtu (12/08/2023).

Beasiswa tersebut merupakan hasil dari penawaran Kedutaan Besar Mesir kepada Pemkot Metro untuk memberikan beasiswa kepada pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S-1 dan pada tanggal 20 Agustus 2023 delegasi dari Mesir akan datang untuk melakukan seleksi kemampuan dasar para pesertanya.

Wakil Wali Kota Metro, Drs. Qomaru Zaman, MA menyampaikan kepada seluruh peserta untuk mempersiapkan diri masing-masing agar lolos seleksi beasiswa tersebut.

“Persiapkan diri kalian untuk seleksi ini, tunjukkan potensi dan kemampuan yang ada miliki untuk menjadi yang terpilih untuk program beasiswa ini, Pemerintah Kota Metro hanya membuka pintu masuk bagi kalian yang ingin mendapatkan beasiswa ini,” ucap Qomaru.

Beliau juga berharap kepada peserta yang lolos seleksi nanti agar membawa nama baik Kota Metro di Mesir.

Ada dua tahapan tes yang harus dilalui oleh para peserta yaitu tes tertulis berupa pilihan ganda dan tes lisan.

Untuk tes tertulis ada 3 komponen yaitu kosakata, pengayaan dan penguasaan kalimat, dan tes lisan seperti sambung ayat Al-Qur’an dan berkomunikasi menggunakan bahasa Arab.

Kepala Sekolah MAN 1 Metro, Sarjono, M.Pd menjelaskan terkait rincian apa saja yang harus dipersiapkan para calon peserta yang lolos seleksi beasiswa untuk melanjutkan ke Universitas Al-Azhar Mesir.

“Polanya dari tes ini tidak langsung berangkat di tahun ini tetapi tahun depan, kemudian perlu saya sampaikan beasiswa ini akan mencakup 3 beasiswa, yaitu beasiswa asrama, studi, dan living cost sebesar 1,5 juta rupiah, dan terkait pembelian buku, tiket dari Metro Ke Mesir, paspor dan lainnya ditanggung sendiri,” papar Sarjono.

Beliau juga mengatakan bahwa ada waktu 1 Minggu pasca ujian ini untuk merilis peserta yang lolos memenuhi passing grade dengan jatah maksimal 10 orang. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *